Pages

0

Sumpah Pemuda :D

Halloo... :)
Hari sumpah pemuda udah lewat ya.. jadi sory ni kalo aku telat ngepost nya :p
kita mulai aja yaa..

aku pernah bertanya-tanya nih.. kenapa sumpah pemuda dirayakan pas tgl 28 oktober ?
Jawabannya sangat simple,
Sumpah pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu kita harus memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.
Nah, biasanya apa yang kita lakukan untuk memperingati hari sumpah pemuda ? tentunya dengan upacara dong :) tapi upacaranya bukan upacara yang biasa saja yaa. tapi yang LUAR BIASA :D
Contohnya di Bandung nih,

BANDUNG - Wakil Presiden Boediono memimpin upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Stadion Siliwangi Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/10/2011).
Wapres Boediono menjadi pembina upacara dalam upacara yang dimulai sekira pukul 09.10 WIB. Dia mengenakan kemeja batik berwarna hijau tua.
Boediono yang didampingi Herawati Boediono beserta rombongan termasuk Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Andi Mallarangeng dan istri, tiba di Stadion Siliwangi sekira pukul 09.00 WIB yang disambut dengan tarian lengser.
Dalam kesempatan itu hadir juga Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Netty Heryawan, serta Walikota Bandung Dada Rosada.
Peserta peringatan Hari Sumpah Pemuda dipusatkan di tribun timur stadion. Ribuan peserta yang umumnya pelajar dari berbagai sekolah tingkat SMP dan SMA sudah menduduki tribun tersebut.
Sedangkan podium upacara didirikan di depan tribun barat Stadion Siliwangi, di mana terdapat mimbar bagi Boediono untuk memberikan sambutan. Di area podium juga dipadati hadirin yang menempati ratusan kursi yang menghadap lapangan upacara.
Di lapangan upacara sendiri sudah berbaris ratusan personel TNI, organisai mahasiswa, perwakilan ormas, paskibra, dan ratusan siswa SMA.
Sebelum upacara dimulai, digelar berbagai pertunjukkan di antaranya paduan suara dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), perform angklung yang dibawakan pemuda Jawa Barat, dan drum band Gita Pakuan.
Situasi di sekitar stadion tampak dijaga ketat personel TNI, kepolisian, dan Dalmas. Termasuk beberapa jalan di sekitar stadion ditutup, di antaranya Jalan Lombok dan Jalan Aceh. Beberapa angkot yang melintas di jalan tersebut dialihkan.


Wah.. seru ya kota bandung memperingati sumpah pemuda nya.. pasti rame deh :D
Sampai disini aja yaa :) Aku, Dea Nathania mengucapkan selamat hari sumpah pemuda untuk para pembaca :)

0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top Twitter Bird Gadget