Pages

0

Ada beberapa tips ni .. Silakan dicoba ya ;)

Malu nggak sih kalau punya kulit lembut, tapi tiba-tiba terasa kasar dan hitam di bagian sikunya? Ayo dong, jangan lupakan bagian tubuh yang satu ini, biar kulit kita tampil cantik menyeluruh!
Karena sedikitnya kelenjar minyak pada siku, bikin kulit pada area itu cenderung kering. Makanya, kita perlu melakukan perawatan khususnya setiap habis mandi. Enggak ribet kok, hanya dalam waktu kurang dari 10 menit, kita bisa mengubah siku hitam dan kasar menjadi halus dengan warna merata.
1. Bersihkan dahulu siku dengan sabun, gunakan bantuan sponge atau loofah, lalu keringkan.
2.Oleskan sedikit body scrub ke seluruh permukaan siku. Gosok dengan gerakan memutar sekitar 3 menit agar sel-sel kulit mati dapat ikut terangkat,  lakukan kurang lebih seminggu sekali.
3. Body scrub bisa kita ganti dengan irisan buah lemon, buah yang berkhasiat melembutkan, menghaluskan sekaligus mencerahkan kulit.
4. Setelah proses scrubbing selesai, oleskan body butter setiap hari pada siku agar selalu lembab

Bau tidak sedap pada kaki memang membuat kita merasa terganggu. Apa sih penyebabnya? Bagaimana menghilangkannya?
Dr Yuliana Sanusi, Consultan Doctor Esther House of Beauty menjelaskan kondisi kaki yang lembab, misalnya setelah memakai sepatu tertutup terlalu lama, membuat kulit kaki kita tidak mendapatkan oksigen dengan baik. Akibatnya banyak bakteri yang dapat tumbuh di tempat tersebut.

Dengan merawat kebersihan kaki seperti memotong kuku, membersihkan kutikula dan sela-sela jari, paling tidak satu minggu 1-2 kali, akan membantu menjaga kesehatan kaki dan tentu saja mengurangi bau pada kaki.
"Memperhatikan kebersihan sepatu yang kita gunakan juga mengurangi pertumbuhan bakteri yang membuat bau tidak sedap pada kaki," kata Yuliana Sanusi

Diantara jenis lulur, banyak yang menyukai jenis lulur boreh Bali. Pemberian lulur ini bertujuan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh atau deksifikasi, menghangatkan tubuh, dan merileksasi otot-otot.
Louise Jumarani, penulis buku The Essence of Indonesian Spa: Spa Indonesia Gaya Jawa dan Bali menjelaskan, perawatan ini akan diawali dengan pemijatan agar peredaran darah kita lancarkan diikuti dengan saluran getah bening yang lancar. Saluran getah bening atau lymph drainage adalah saluran pembuangan kering dan sisa pembakaran tubuh.
Setelah pemijatan, terapis akan mengoleskan boreh yang merupakan campuran bubuk boreh dengan sari air mawar.
Boreh terbuat dari rempah-rempah alami yang terdiri dari kunyit, cengkeh/pala, lengkuas, jahe, dan kayu manis. Fungsinya untuk memperlancar peredaran darah, melembutkan kulit, memiliki efek menghangatkan tubuh, membantu tubuh mengeluarkan racun, dan memberikan keseimbangan suhu tubuh. Jika kita sedang mengalami gejala flu, keletihan, dan pegal-pegal, silakan melakukan perawatan lulur boreh Bali.
Balinese "murut" body scrub. Ini adalah lulur dengan ramuan khas Bali yang mengandung coconut oil, kemiri, jahe, dan kunyit. Bahan-bahan ini akan mengangkat kotoran kulit, membersihkan kulit dari bakteri, dan memiliki unsur stimulan alami dengan bahan penghangat tubuh. Sehingga, dapat mempercepat proses pengangkatan kotoran dan membuat kulit senantiasa lembab secara alami.
Cara menggunakannya, campurkan 100 gram bubuk murut dengan air mawar hingga adonan pekat. Gosok dengan gerakan mengusap, sampai kotoran berjatuhan sehingga membersihkan sisa sel-sel kulit mati.


Tradisi lulur untuk perawatan kulit itu sudah ada secara turun temurun, terutama dikalangan putri-putri Kraton dan istana-istana di Jawa. Di kerajaan-kerajaan lain pun ada tradisi seperti ini, tapi nama, dan ramuannya juga berbeda sesuai dengan bahan-bahan yang ada di daerah kerajaan tersebut.
Sekarang ini lulur sudah bukan rahasia lagi, karena penggunaannya sudah dikembangkan dan diproduksi sebagai bagian kosmetika tradisional. Kini lulur juga sudah merupakan aset bangsa. Lulur dapat digunakan oleh wanita mana saja dari kalangan manapun yang merasa cocok.
Lulur terbuat dari rimpang temugiring (Curcumaeheyneanae Rhizoma) dan daun kemuning (Murrayapaniculata Jack) yang berisi minyak terbang damar, murraya dan zat samak.
"Khasiat bahan-bahan tersebut untuk melepaskan kulit ari yang sudah menua, mencerahkan dan menghaluskan kulit, selain itu juga bisa untuk menghilangkan noda-noda kulit, dan mencegah gatal-gatal," kata KRAy. SM. Anglingkusumo, Pakar Kecantikan Tradisional
Untuk cara penggunaannya yaitu, serbuk lulur sebelumnya dicampur terlebih dahulu dengan air sari mawar, lalu dioleskan pada seluruh tubuh,  sambil digosok gosok sampai kering dan berjatuhan bersama kotoran kulit dan kulit ari yang menua, jadi seperti kosmetika modern yang disebut "peeling". Biasanya yang ideal dilakukan secara teratur dua kali seminggu. Setelah itu dilanjutkan mandi dengan air berempah (air yang diberi rebusan rempah-rempah).

 Masker wajah alami buatan sendiri

Meski banyak masker siap pakai yang kini ditawarkan di pasaran, sesungguhnya Anda dapat membuat masker sendiri dengan mudah. Selain murah, berkhasiat, bahan alami yang dipakai juga tidak memiliki efek berbahaya bagi kulit.

Berikut beberapa jenis masker yang bisa Anda buat sendiri juga dapat diaplikasikan di semua jenis kulit.

Masker putih telurCampurkan dua sendok makan putih telur dengan dua sendok makan yoghurt tanpa rasa. Aduk hingga merata, lalu oleskan ke kutit wajah Anda. Setelah lima menit, basuh wajah dengan handuk yang telah direndam di air hangat.

Manfaat masker ini adalah untuk menambah kelembapan serta kehalusan kulit wajah.

Masker oatmealCampurkan satu sendok makan oatmeal dengan satu sendok yoghurt tanpa rasa. Aduk hingga merata. Setelah itu teteskan dua hingga tiga tetes madu. Lalu campurkan kembali hingga merata. Oleskan masker tadi pada wajah Anda dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu basuhlah dengan handuk yang telah direndam dengan air hangat.

Selain melembapkan dan menghaluskan kulit, masker ini juga berfungsi untuk mengganti sel-sel kulit yang mati dengan sel yang baru, sehingga kulit Anda akan tampak bercahaya.

Masker gulaMasker gula ini termasuk yang paling sederhana, karena hanya membutuhkan dua sendok makan gula serta tiga sendok makan air hangat. Campurkan kedua bahan hingga merata, lalu gosok masker pada kulit wajah, hingga kadar airnya habis. Setelah itu basuh wajah dengan handuk yang telah direndam di air hangat.

Layaknya scrub, masker alami ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah, serta membantu kulit mengalami pengelupasan yang lebih alami dan aman. Selain itu, masker ini juga mampu membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori.

Mudah bukan? Silakan mencoba!

Lulur, yang sama dengan body scrub. Perawatan ini fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang kasar agar sel kulit kembali bersih dan bisa bernafas.
Tetapi ternyata setiap jenis kulit memiliki kebutuhan lulur masing-masing. Louise Jumarani, penulis buku The Essence of Indonesian Spa: Spa Indonesia Gaya Jawa dan Bali, membagikan pengetahuannya seputar memilih lulur atau body scrub yang benar-benar akan merelaksasi keunikan kulit kita masing-masing.
Lulur kuning Jawa. Mengandung bahan dasar pandan wangi, sari tepung beras, kunyit, dan temu giring yang fungsinya untuk mendinginkan kulit sehingga kulit tampak kuning langsat, bersih, halus, serta harus.
Cara penggunaan produk ini adalah dengan mencampurkan 100 gram bubuk lulur dengan 75 ml air mawar hingga diperoleh campuran yang pekat. Oleskan minyak cendana pada bagian tubuh yang akan dilulur, lalu gosokkan lulur yang sudah dicampur air sari mawar tadi. Gosok dengan gerakan memutar dan tekan dorong agar proses pengangkatan sel-sel kulit mati berjatuhan bersamaan dengan sisa lulur.
Lulur bengkoang. Terbuat dari ekstrak buah bengkoang yang memiliki komposisi mineral bengkoang sebagai zat pembersih yang sempurna untuk kulit kusam, serta dapat mencerahkan kulit secara alami. Alhasil kulit akan nampak begitu bersih, cerah, dan segar.
Konon, lulur ini sudah dari dulu dilakukan oleh para puteri keraton Jawa. Manfaat lulur ini adalah mengangkat kulit mati, menghilangkan bau badan, memberi nutrisi pada kulit, memperbaiki sirkulasi O2 dan peredaran darah, mencerahkan warna kulit, serta menjaga kelembaban kulit agar tidak keriput.

0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top Twitter Bird Gadget